Wellcome to My Blog

Rabu, 14 Januari 2015

PROSES BELAJAR MENGAJAR ORANG DEWASA




PROSES BELAJAR MENGAJAR ORANG DEWASA
1.    Tahap Proses Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Belajar  
a.      Tahap Prose Belajar
Proses belajar mengajar itu adalah poses pendidikan yang menjadikan seseorang dari yang tidak tahu menjadi tahu yang trdiri dari proses-proses berikut:

- Motivasi

- Perhatian

- Menerima dan mengingat

- Reproduksi

- Generelasi

- Melaksanakan tugas belajar dan umpan balik
b.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar
-Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri pendidik yan terditi atas:

                         * Faktor fisik (umur, pendengaran, penglihatan)

                         * Faktor nonfisik (Tingkat aspirasi,bakat dan lain-lain)
2.    Ciri-Ciri Belajar Orang Dewasa, Fungsi Dan Sikap Pendidik
a. Ciri-Ciri Belajar Orang Dewasa
                   - Motivasi belajar belajar dari dirinya sendiri

                   - Orang dewasa belajar jika bemanfaat baginya

                   - Orang dewasa akan belajar jika pendapatnya dihormati

                   - Perlunya ada saling percaya antara pembimbing dan peserta didik

                   -  Mengharap suasana belajar yang menyenangkan dan menantang

- Orang dewasa belajar ingin mengetahui kekurangan dan   kelebihannya

                   - Mengutamakan orang dewas sebagai peserta didik

                   - Belajar adalah proses emosional dan intelektual sekaligus
     b. Fungsi Pendidik
                   - penyebar pengetahuan

                   - pelatih keterampilan

                   - perancang pengalaman belajar

                   - pelancar proses belajar

                   - sumber belajar (Narasumber)

                   - pemimpin kegiatan belajar

                   - penjelas tujuan belajar

                   - tutor simulasi

                  - fasilitator
c. Sikap Pendidik
                   - belajar dengan suasana hati awal yang menyenangkan

                   - tenggang rasa (Empati)

                   - wajar (jujur, apa adanya, terus terang, konsisiten dan terbuka)

                   - respek, mempunyai pandangan positif terhadap peserta didik                 

                   - mengakui kehadiran dan menghargai peserta didik

                   - membangkitkan keinginan belajar

                   - tidak suka ngomel, mencela, mengejek dan menyindir

                   - mampu mengorganisasikan kelompok belajar

                   - menerima keterbatasan diri



"PERENCANAAN PENDIDIKAN ORANG DEWASA"

1. Komponen Perencanaan Pendidikan Dan Perecanan Partisipatif
 a. Komponen Perencanaan Pendidikan
Di dalam melakukan perencanaan pendidikan, ada beberapa komponen yang harus ada didalamnya adalah:
                       * Peserta didik
                       * Tujuan belajar
                       * Sumber belajar (pembimbing)
                       * Kurikulum
                       * Organisasi pelaksana
                       * Kondisi masyarakat setempat
                       * Kemanfaatan langsung
Adapun yang perlu diperhatikan didalam melakukan perencanaan, antara lain:
                       * Penemuan yang telah ada sebelumnya
                       * Perlunya penelitian keadaan lokasi
                       * Penyusunan skala prioritas
                       * Penyusunan tujuan dan strategi
                       * Rancangan implementasi
                       * Penetapan waktu pelaksanaan, penilaian

                         * Perkiraan kebutuhan
b. Perencanaan Partisipatif

                                * Hubungan dengan masyarakat

* Partisipan tertarik, mau belajar dari orang lain. Memiliki kemampuan intektual.

                                * Menggunakan tehnik kerja kelompok

                                * Ramlan dan pembuatan program

                       * Mengambil keputusan yang disepakati bersama

Prosedur Perencanaan Partisipatif Adalah:

          * Menentukan kebutuhan atas dasar antisipasi tehadap perubahan                                                                                                                                                                                                                                   lingkungan

         * Melakukan ramalan, menentukan program tujuan, misi perencanaan dan Prioritas.

                       * Menspesifikasi tujuan
                       * Menentukan standar performansi
                       * Menentukan alat / metode / alternative pemecahan
                       * Melakukan implementasi dan menilai serta mengadakan review

Dalam pelatihan partisipatif, fasilitator memiliki tugas dengan prosedur:
                    - Identifikasi kebutuhan
                    - Identifikasi faktor pendukung
                    - Merumuskan tujuan pelatihan
                    - Memilih dan menetapkan isi dan muatan
                    - Membangun hubungan logis dan mengarah pada tujuan
                    - Merumuskan materi dan muatan
                    - Merencanakan dan memperkirakan kebutuhab waktu
                    - Memikikan dan menyusun langkah-langkah yang tepat
                    - Memilih dan menggunakan metode

                   - Menentukan waktu pelaksanaan
                    - Mempersiapkan sarana/media belajar lainnya
                    - Menentukan tempat pelatihan, pengaturan ruangan, dan penyediaan

logistic penunjang lainnya.


2. Pristiwa dan Rancangan pengajaran
a. Pristiwa pengajaran
 Fungsi pengajaran adalah:
             * Memperoleh perhatian peserta didik
             * Memberitahu tujuan khusus kepada peserta didik
             * Membantu peserta didik mengingat kembali pengetahuan yang

               telah dimiliki
            * Menyajikan materi pelajaran
            * Memberi bimbingan belajar                                                                     
            * Memperoleh performansi
            * Memberi umpan balik tentang perbaikan performansi
             * Menilai performansi peserta didik
             * Meningkatkan retensi dan transfer

b. Rancangan Pengajaran                     z



DAFTAR PUSTAKA
Suprijanto.2007.pendidikanorangdewasa.jakarta:Pt.bumi aksara























Tidak ada komentar:

Posting Komentar