PROSES
BELAJAR MENGAJAR ORANG DEWASA
1.
Tahap
Proses Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Belajar
a.
Tahap
Prose Belajar
Proses belajar mengajar itu adalah poses
pendidikan yang menjadikan seseorang dari yang tidak tahu menjadi tahu yang
trdiri dari proses-proses berikut:
-
Motivasi
-
Perhatian
-
Menerima dan mengingat
-
Reproduksi
-
Generelasi
-
Melaksanakan tugas belajar dan umpan balik
b.
Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Belajar
-Faktor
Internal
Faktor
internal adalah faktor yang berasal dari diri pendidik yan terditi atas:
* Faktor fisik (umur,
pendengaran, penglihatan)
* Faktor nonfisik
(Tingkat aspirasi,bakat dan lain-lain)
2.
Ciri-Ciri
Belajar Orang Dewasa, Fungsi Dan Sikap Pendidik
a.
Ciri-Ciri Belajar Orang Dewasa
- Motivasi belajar belajar dari
dirinya sendiri
- Orang dewasa belajar jika
bemanfaat baginya
- Orang dewasa akan belajar
jika pendapatnya dihormati
- Perlunya ada saling
percaya antara pembimbing dan peserta didik
- Mengharap suasana belajar yang menyenangkan
dan menantang
-
Orang dewasa belajar ingin mengetahui kekurangan dan kelebihannya
- Mengutamakan orang dewas
sebagai peserta didik
- Belajar adalah proses emosional dan
intelektual sekaligus
b. Fungsi
Pendidik
- penyebar pengetahuan
- pelatih keterampilan
- perancang pengalaman
belajar
- pelancar proses belajar
- sumber belajar
(Narasumber)
- pemimpin kegiatan belajar
- penjelas tujuan belajar
- tutor simulasi
- fasilitator
c. Sikap Pendidik
- belajar dengan suasana
hati awal yang menyenangkan
- tenggang rasa (Empati)
- wajar (jujur, apa adanya,
terus terang, konsisiten dan terbuka)
- respek, mempunyai pandangan
positif terhadap peserta didik
- mengakui kehadiran dan
menghargai peserta didik
- membangkitkan keinginan
belajar
- tidak suka ngomel,
mencela, mengejek dan menyindir
- mampu mengorganisasikan
kelompok belajar
- menerima keterbatasan diri
"PERENCANAAN
PENDIDIKAN ORANG DEWASA"
1.
Komponen Perencanaan Pendidikan Dan Perecanan Partisipatif
a. Komponen Perencanaan Pendidikan
Di dalam melakukan perencanaan pendidikan, ada beberapa komponen yang harus ada didalamnya adalah:
* Peserta didik
* Tujuan belajar
* Sumber belajar (pembimbing)
* Kurikulum
* Organisasi pelaksana
* Kondisi masyarakat setempat
* Kemanfaatan langsung
Adapun yang perlu diperhatikan didalam melakukan perencanaan, antara lain:
* Penemuan yang telah ada sebelumnya
* Perlunya penelitian keadaan lokasi
* Penyusunan skala prioritas
* Penyusunan tujuan dan strategi
* Rancangan implementasi
* Penetapan waktu pelaksanaan, penilaian
Di dalam melakukan perencanaan pendidikan, ada beberapa komponen yang harus ada didalamnya adalah:
* Peserta didik
* Tujuan belajar
* Sumber belajar (pembimbing)
* Kurikulum
* Organisasi pelaksana
* Kondisi masyarakat setempat
* Kemanfaatan langsung
Adapun yang perlu diperhatikan didalam melakukan perencanaan, antara lain:
* Penemuan yang telah ada sebelumnya
* Perlunya penelitian keadaan lokasi
* Penyusunan skala prioritas
* Penyusunan tujuan dan strategi
* Rancangan implementasi
* Penetapan waktu pelaksanaan, penilaian
* Perkiraan kebutuhan
b.
Perencanaan Partisipatif
* Hubungan dengan masyarakat
* Hubungan dengan masyarakat
*
Partisipan tertarik, mau belajar dari orang lain. Memiliki kemampuan intektual.
* Menggunakan tehnik kerja kelompok
* Ramlan dan pembuatan program
* Mengambil keputusan
yang disepakati bersama
Prosedur
Perencanaan Partisipatif Adalah:
* Menentukan kebutuhan atas dasar
antisipasi tehadap perubahan lingkungan
* Melakukan ramalan, menentukan
program tujuan, misi perencanaan dan Prioritas.
* Menspesifikasi tujuan
* Menentukan standar performansi
* Menentukan alat / metode / alternative pemecahan
* Melakukan implementasi dan menilai serta mengadakan review
* Menentukan standar performansi
* Menentukan alat / metode / alternative pemecahan
* Melakukan implementasi dan menilai serta mengadakan review
Dalam pelatihan
partisipatif, fasilitator memiliki tugas dengan prosedur:
- Identifikasi kebutuhan
- Identifikasi faktor pendukung
- Merumuskan tujuan pelatihan
- Memilih dan menetapkan isi dan muatan
- Membangun hubungan logis dan mengarah pada tujuan
- Merumuskan materi dan muatan
- Merencanakan dan memperkirakan kebutuhab waktu
- Memikikan dan menyusun langkah-langkah yang tepat
- Memilih dan menggunakan metode
- Identifikasi kebutuhan
- Identifikasi faktor pendukung
- Merumuskan tujuan pelatihan
- Memilih dan menetapkan isi dan muatan
- Membangun hubungan logis dan mengarah pada tujuan
- Merumuskan materi dan muatan
- Merencanakan dan memperkirakan kebutuhab waktu
- Memikikan dan menyusun langkah-langkah yang tepat
- Memilih dan menggunakan metode
- Menentukan waktu
pelaksanaan
- Mempersiapkan sarana/media belajar lainnya
- Menentukan tempat pelatihan, pengaturan ruangan, dan penyediaan
- Mempersiapkan sarana/media belajar lainnya
- Menentukan tempat pelatihan, pengaturan ruangan, dan penyediaan
logistic
penunjang lainnya.
2. Pristiwa dan Rancangan pengajaran
a. Pristiwa pengajaran
a. Pristiwa pengajaran
Fungsi pengajaran adalah:
* Memperoleh perhatian peserta didik
* Memberitahu tujuan khusus kepada peserta didik
* Membantu peserta didik mengingat kembali pengetahuan yang
* Memperoleh perhatian peserta didik
* Memberitahu tujuan khusus kepada peserta didik
* Membantu peserta didik mengingat kembali pengetahuan yang
telah dimiliki
* Menyajikan materi pelajaran
* Memberi bimbingan belajar
* Memperoleh performansi
* Memberi umpan balik tentang perbaikan performansi
* Menilai performansi peserta didik
* Meningkatkan retensi dan transfer
b. Rancangan Pengajaran z
* Menyajikan materi pelajaran
* Memberi bimbingan belajar
* Memperoleh performansi
* Memberi umpan balik tentang perbaikan performansi
* Menilai performansi peserta didik
* Meningkatkan retensi dan transfer
b. Rancangan Pengajaran z
DAFTAR PUSTAKA
Suprijanto.2007.pendidikanorangdewasa.jakarta:Pt.bumi
aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar